Apa itu kupon dalam SBN?

Imbal hasil yang dibayarkan kepada pemilik SBN. Kupon dihitung dalam persentase terhadap jumlah pokok utang dan juga waktu setahun. Namun, untuk pembayarannya dilakukan satu bulan sekali.

Kapan waktu kupon akan dibagikan?

Jenis kupon SBR dan Sukuk Tabungan adalah jenis kupon mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor). Tingkat kupon SBR dan Sukuk Tabungan akan disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo. Pembayaran kupon SBR dan Sukuk Tabungan berlaku tetap untuk periode setiap 3 (tiga) bulan dan dibayar pada tanggal 10 setiap bulannya sampai dengan jatuh tempo.

Jenis kupon ORI dan Sukuk Ritel adalah jenis kupon tetap (fixed coupon). Tingkat kupon ORI dan Sukuk Ritel ditentukan tetap dan akan dibayarkan setiap bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo. Pembayaran kupon ORI dan Sukuk Ritel berlaku tetap dan dibayar pada tanggal 15 setiap bulannya sampai dengan jatuh tempo.

Untuk masing-masing pembagian kupon akan menyesuaikan sesuai memoranadum informasi pada tiap produknya.

Bagaimana Cara Perhitungan Kupon Pada SBN?

Berikut adalah simulasi perhitungan jumlah keuntungan dari kupon yang akan diterima investor dari investasi SBN.

Misalnya kamu membeli produk SBN sebesar Rp10 juta dengan nilai kupon per tahun sebesar 4.95%. Maka dengan perhitungan tabel di bawah, kamu akan mendapatkan imbal hasil setiap bulannya sebesar Rp37,125 (tiga puluh tujuh ribu seratus dua puluh lima ribu rupiah) Jika diakumulasikan hingga jatuh tempo, maka kamu akan memperoleh sekitar Rp1,3 juta!



*Disclaimer: Perhitungan ini menggunakan skema pembagian kupon pada umumnya. Skema pembagian kupon dapat berbeda yang disesuaikan berdasarkan pada perhitungan dalam memorandum informasi pada tiap SBN. Jumlah pembayaran kupon telah dibulatkan dalam Rupiah penuh dengan ketentuan apabila di bawah dan sama dengan 50 (lima puluh) sen dibulatkan menjadi nol, sedangkan di atas 50 (lima puluh) sen dibulatkan menjadi Rp1,00 (satu rupiah).
Apakah artikel ini berguna?
Membatalkan
Terima kasih!