Bagaimana Cara Melakukan Penjualan SBN?

Nasabah tidak perlu melakukan apapun saat jatuh tempo. Pada saat jatuh tempo, dana investasi milik user akan langsung masuk ke rekening nasabah.

Berapa lama waktu penjualan SBN di Bibit?

Pada saat jatuh tempo, nasabah tidak perlu melakukan transaksi penjualan, karena pokok dan kupon bulan terakhir akan otomatis dikirimkan ke RDN investor.

Apa itu Early Redemption?

Early Redemption merupakan fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBN oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo. Jadi, meskipun investor tidak dapat menjualnya di pasar sekunder, apabila investor membutuhkan dana cepat, maka SBN dapat dicairkan lebih awal sebelum masa jatuh tempo.

Proses pencairan awal ini tidak akan dikenakan penalti ataupun biaya karena tidak ada biaya pelunasan (redemption cost) yang ditetapkan pemerintah. Karena itu, semuanya gratis. Namun, perlu dicatat, besaran kupon yang diterima oleh investor setelah pencairan awal ini akan disesuaikan dengan jumlah kepemilikannya.

Produk yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah Produk SBN yang Non-Tradable (tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder) seperti Saving Bond Ritel (SBR) & Sukuk Tabungan (ST).

Persyaratan Early Redemption

Minimal kepemilikan Rp2 juta
Nilai yang dapat dicairkan minimal Rp1 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan investor
Nominal yang diajukan Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta
Produk SBN (SBR & Sukuk Tabungan) telah dimiliki selama 12 bulan"

Cara melakukan Early Redemption



Sebelum melakukan Early Redemption, kamu bisa perhatikan periode Early Redemption produk terkait. Jika sudah memasuki periode tersebut maka produk bisa dilakukan pencairan lebih awal dan akan muncul tombol Early Redemption. Namun jika belum memasuki periode, maka opsi Early Redemption tidak muncul.

Klik tombol Early Redemption



Masukkan nominal yang ingin dicairkan



Masukkan PIN kamu



Selamat, pengajuan Early Redemption kamu berhasil dan dana akan masuk ke rekening kamu sesuai tanggal yang tertera di aplikasi



Bagaimana cara melakukan penjualan untuk SBN di pasar sekunder?

Produk yang dapat perjualbelikan di pasar sekunder adalah Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI) & Sukuk Ritel (SR).
Bibit memfasilitasi investor dalam melaksanakan proses transaksi jual beli di pasar sekunder dengan cara menghubungi Customer Support kami melalui Live Chat https://app.bibit.id/bantuan atau melalui Whatsapp +622150864230

Adakah Fee untuk penjualan SBN di Bibit?

Penjualan SBN melalui aplikasi Bibit tidak dipungut biaya, hanya dikenakan biaya transfer antar Bank apabilan bank pribadi nasabah tidak sama dengan bank RDN.
Apakah artikel ini berguna?
Membatalkan
Terima kasih!