Artikel tentang: Reksa Dana

Apa itu Prospektus & Fund Fact Sheet Reksa Dana

Apa itu prospektus reksa dana?


Prospektus reksa dana adalah dokumen yang berisi informasi detail mengenai sebuah produk reksa dana, mulai dari pembentukan reksa dana hingga keterangan mengenai penyebarluasan prospektus dan formulir pembelian unit penyertaan reksa dana serta pembubaran atau likuidasi reksa dana.
Pada setiap periode tertentu, prospektus diterbitkan dan diperbaharui oleh perusahaan Manajer Investasi. Hal ini dilakukan agar investor selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai produk reksa dana yang bersangkutan.

Informasi penting yang ada di prospektus


Manajer Investasi
Pada bagian ini, Investor perlu mengetahui track record prestasi dan pengalaman Manajer Investasi serta pihak yang terafiliasi dengan Manajer Investasi.
Tujuan, Kebijakan, dan Pembatasan Investasi
Pada bagian ini tercantum mengenai tujuan dari produk reksa dana dan kebijakan strategi dalam mengalokasikan aset reksa dana.
Manfaat dan Faktor Risiko Utama Investasi
Manfaat investasi reksa dana seperti pengelolaan reksa dana yang profesional, pertumbuhan nilai aset, diversifikasi investasi, dan transparansi dalam investasi. Risiko reksa dana, pada reksa dana terdapat beberapa kemungkinan risiko yang akan timbul seperti risiko penurunan harga atau Nilai Aktiva Bersih (NAB), risiko likuiditas, risiko perubahan kondisi politik dan ekonomi, dan perubahan tingkat suku bunga.
Alokasi dan Imbalan Jasa
Pada bagian ini merupakan rincian mengenai jenis dan besaran biaya yang menjadi biaya reksa dana, biaya Manajer Investasi, dan biaya pemegang unit penyertaan reksa dana.
Hak-Hak Pemegang Unit Penyertaan
Hak-hak yang tercantum pada bagian ini meliputi mendapatkan informasi mengenai Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana, menjual seluruh/sebagian unit penyertaan reksa dana dan memperoleh pembagian hasil investasi. Surat Konfirmasi Transaksi (SKT) setiap kali bertransaksi dan laporan akun bulanan sebagai laporan atas perkembangan investasi reksa dana dari Bank Kustodian.
Pembubaran dan Likuidasi
Pada bagian ini, Investor perlu mengetahui sebab dan tindakan serta prosedur apa saja yang akan dilakukan Manajer Investor apabila terjadi pembubaran reksa dana.
Persyaratan dan Tata Cara Pembelian, Penjualan Kembali, dan Pengalihan Investasi
Pada bagian ini tercantum mengenai jumlah minimum pembelian, penjualan dan pengalihan unit penyertaan pada reksa dana. Serta bagian ini juga mencantumkan persyaratan dan ketentuan untuk pembelian dan penjualan reksa dana.

Apa itu Fund Facts Sheet reksa dana?


Laporan yang memuat informasi pengelolaan dana disebut Fund Fact Sheet (FFS).
Manajer Investasi wajib menerbitkan FFS setiap bulan dan merupakan hak bagi investor reksa dana untuk memperolehnya. Meski demikian, FFS bukan hak bagi umum sehingga tidak ada kewajiban untuk mempublikasikan laporan tersebut.

Umumnya FFS bisa ditemukan di dalam situs yang dikelola oleh Manajer Investasi dan agen penjual reksa dana. Ada juga Manajer Investasi yang melampirkan dokumen FFS yang dikirimkan ke tempat tinggal nasabah bersamaan dengan laporan perkembangan saldo setiap bulan.

Diperbarui pada: 26/09/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!