Apa itu Reksa Dana?
Reksa dana adalah wadah untuk mengumpulkan dana investasi dari masyarakat selanjutnya diinvestasikan dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi ke dalam berbagai macam instrumen investasi.
Ada 3 jenis reksa dana yang dapat dibeli di bibit yaitu, reksa dana saham, reksa dana obligasi, dan reksa dana pasar uang.
Dalam istilah yang lebih sederhana, reksa dana bagaikan suatu paket
Beli reksa dana itu bagaikan beli suatu paket yang ditentukan oleh ahli keuangan. Untuk reksa dana saham kamu tidak hanya dibelikan 1 saham saja tetapi bisa 30-50 saham dalam satu paket (reksa dana) yang dipilih melalui analisa profesional oleh manajer investasi nya.
Reksa dana dapat memiliki puluhan saham atau obligasi, maka reksa dana adalah investasi yang terdiversifikasi.
Diversifikasi membantu investor karena dapat mengurangi risiko investasi dibandingkan dengan membeli sekuritas secara individu.

Keuntungan investasi reksa dana diantaranya adalah:
Dana kita dikelola oleh seorang profesional
Reksa dana dikelola oleh para manajer investasi secara profesional yang memiliki akses khusus dalam menganalisa peluang investasi, serta keahlian dalam pengambilan keputusan finansial.
Dana kita ditempatkan ke berbagai macam pilihan instrumen investasi dengan membentuk portofolio investasi sehingga dapat menurunkan risiko kerugian.
Investasi terjangkau
Berinvestasi reksa dana di Bibit bisa dimulai dari Rp 10.000.
Cairkan kapan pun
Investasi reksa dana mudah untuk dicairkan kapan pun.
Biaya relatif rendah
Berinvestasi reksa dana di Bibit tidak dikenakan biaya komisi.
Potensi tingkat pengembalian yang lebih tinggi
Investasi reksa dana cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang atau menengah, reksa dana memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dengan risiko yang terjaga, karena reksa dana menerapkan prinsip diversifikasi.
Was this article helpful?
Cancel
Thank you!