Artikel tentang: Bibit Saham

Apa itu Warrant & Bagaimana cara Exercise Warrant

Warrant merupakan instrumen turunan saham yang dapat diperjualbelikan dan ditebus menjadi saham. Warrant seringkali diberikan sebagai bonus saat membeli saham baru supaya penerbitan saham baru menjadi lebih menarik bagi investor.
Terdapat beberapa keuntungan berinvestasi Warrant. Investor dapat membeli saham baru dengan harga lebih murah dengan cara menebus Warrant yang dimiliki sesuai dengan harga pelaksanaan jika harga saham emiten lebih tinggi dari harga pelaksanaannya.

Sebagai contoh harga saham PT XYZ adalah Rp100 per lembar di tahun 2020. PT XYZ juga menerbitkan Warrant dengan nilai Rp20 per lembar sedangkan harga eksekusinya adalah Rp200. Jika di masa depan, harga saham PT XYZ menjadi Rp400 per lembar, maka para pemegang Warrant dapat menebusnya di angka Rp220 per lembar.

Biasanya Warrant ditandai dengan notasi 'W' di belakang saham utamanya.
Selain itu, Warrant juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Investor bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli Warrant. Namun, investor perlu mencermati risikonya jika harga saham jatuh di bawah harga pelaksanaan Warrant dan jika harga beli Warrant saat bertransaksi di pasar sekunder lebih tinggi daripada harga jualnya.

Bagaimana cara Exercise Warrant di Bibit Plus?



Masuk ke halaman Portofolio, exercise warrant dapat dilakukan dengan klik warrant yang ingin di exercise, kemudian klik exercise.


Input jumlah lembar dan harga yang ingin di exercise (ketika exercise satuannya lembar) lalu klik tombol exercise.


Pada Preview Order klik tombol Konfirmasi.


Order exercise diterima. Exercise warrant kamu akan diproses dalam 3 hari bursa untuk konversi ke saham induk.


Ketentuan Exercise Warrant:


Exercise dapat dilakukan mulai dari Exercise Start s/d Exercise End maksimal jam 10.00 WIB.
Exercise warrant hanya bisa dilakukan jika cash on hand mencukupi.
Exercise akan diproses di hari bursa periode Exercise. Apabila dilakukan selain hari bursa maka exercise akan diproses di hari bursa berikutnya.
Apabila melakukan pembelian untuk penebusan warrant baru bisa dilakukan 1 hari setelah jatuh tempo pembelian (jatuh tempo = 2 hari bursa)

Order exercise Right dan Warrant akan langsung terkirim dan statusnya pending, nantinya jika prosesnya sudah selesai akan berubah menjadi Success di menu Transaksi > History. Jumlah lembar yang dimiliki pada portofolio akan langsung berkurang meskipun status ordernya masih pending berbeda dengan transaksi saham yang baru berkurang ketika match.

Diperbarui pada: 01/09/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!