Artikel tentang: Bibit Saham

Right Issue & Bagiamana Cara Melakukan Exercise

Apa itu Right issue (RI)


Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan bahwa right issue adalah saham yang diterbitkan perusahaan untuk meningkatkan modal usaha. Istilah right issue merujuk pada penerbitan saham baru yang akan memperbanyak saham yang beredar di pasar.

Penerbitan saham ini biasanya lebih diprioritaskan untuk para pemegang saham lama. Ketika perusahaan membutuhkan tambahan dana, perusahaan dapat menerbitkan saham baru yang nantinya dibeli oleh pemegang saham atau investor lama tersebut.

Perusahaan atau emiten di pasar modal dapat menerbitkan saham melalui skema right issue yaitu memberikan hak untuk memesan saham terlebih dahulu dengan harga yang biasanya lebih rendah dari harga pasar.

Perbedaan Warrant & Right Issue (RI)


Warrant merupakan instrumen turunan saham yang dapat diperjualbelikan dan ditebus menjadi saham. Warrant seringkali diberikan sebagai bonus saat membeli saham baru supaya penerbitan saham baru menjadi lebih menarik bagi investor. Hampir sama seperti right, Warrant juga merupakan hak bagi investor untuk menebus menjadi saham. Bedanya, right memiliki masa berlaku lebih singkat yaitu kurang dari seminggu, sementara Warrant berlaku untuk jangka waktu lebih panjang hingga tahunan.

Bagaimana Cara Melakukan Exercise

Masuk ke halaman Portofolio, exercise right dapat dilakukan dengan klik right yang ingin di exercise, kemudian klik exercise.


Input jumlah lembar dan harga yang ingin di exercise (ketika exercise satuannya lembar) lalu klik tombol exercise.


Pada Preview Order klik tombol Konfirmasi.


Order exercise diterima dan masuk ke order list. Exercise right kamu akan diproses dalam 3 hari bursa untuk konversi ke saham induk.



Ketentuan Exercise Right:

Exercise dapat dilakukan mulai dari Trading Start s/d Trading End maksimal Jam 10.00 WIB.
Right hanya bisa ditransaksikan di sesi 1 market.
Exercise right hanya bisa dilakukan jika cash on hand mencukupi.
Exercise akan diproses di hari bursa periode Exercise. Apabila dilakukan selain hari bursa maka exercise akan diproses di hari bursa berikutnya.
Apabila melakukan pembelian untuk penebusan right baru bisa dilakukan H+1 bursa setelah hari pembelian.

Order exercise Right dan Warrant akan langsung terkirim dan statusnya pending, nantinya jika prosesnya sudah selesai akan berubah menjadi Success di menu Transaksi > History. Jumlah lembar yang dimiliki pada portofolio akan langsung berkurang meskipun status ordernya masih pending berbeda dengan transaksi saham yang baru berkurang ketika match.

Diperbarui pada: 01/09/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!