Artikel tentang: Bibit Saham

Dividen Saham

Apa itu Dividen dalam Investasi Saham?


Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan atau emiten kepada pemegang saham. Inilah keuntungan investasi saham selain memperoleh capital gain saat menjual saham. Dividen juga bagian dari laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya diputuskan oleh direksi dan juga disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang kemudian nantinya akan dibagikan kepada semua investor.

Jenis Dividen dalam Investasi Saham


Terdapat 2 jenis dividen yang akan kamu terima yaitu Dividen Tunai dan Dividen Saham
Dividen Tunai adalah keuntungan berupa uang tunai (cash) dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham. Untuk Dividen Tunai akan masuk ke RDN Wallet dan kamu bisa melihat riwayat Dividen Tunai melalui Order History.
Dividen Saham adalah keuntungan bagi pemegang saham dalam bentuk saham bukan berupa uang tunai. Dividen Saham akan langsung masuk ke portofolio Bibit Saham kamu.

Metode Pembayaran Dividen


Pembayaran dividen dibagi menjadi 2 metode, yaitu menggunakan metode Dividen Interim dan Dividen Final.
Dividen Interim adalah dividen bersifat sementara yang dinyatakan dan dibayarkan sebelum laba tahunan perusahaan ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pembayaran dividen interim akan dilakukan secara berkala dalam satu tahun.
Dividen Final adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham yang sudah diputuskan dan ditetapkan dalam RUPS, dalam satu tahun buku tertentu.

Istilah dalam Dividen


Dalam pembagian Dividen, ada beberapa istilah yang kamu perlu tahu agar kamu bisa mendapatkan dividen yaitu Cum Date, Ex Date, Recording Rate, dan Payment Date.

IstilahDeskripsi
Cum DateTanggal terakhir investor dapat membeli saham tertentu untuk mencatatkan diri sebagai investor agar mendapatkan dividen dari perusahaan tersebut
Ex DateTanggal ketika investor sudah tidak mendapatkan hak dividen dari suatu saham yang dibelinya. Jadi, jangan beli saham di hari atau tanggal Ex Date
Recording DateTanggal pencatatan bagi pemilik saham yang berhak mendapatkan dividen
Payment DateTanggal pembayaran dividen

Diperbarui pada: 10/07/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!