Artikel tentang: Reksa Dana

Apa itu Net Asset Value (NAV), Unit Penyertaan & Expense Ratio

Net Asset Value


Net Asset Value adalah nilai pasar Reksa Dana saat ini. Komponen NAV terdiri dari nilai surat berharga (saham, obligasi, surat berharga pasar uang, serta deposito) yang ada di dalam reksa dana tersebut, ditambah dividen dan/atau kupon obligasi yang didapat, dikurangi biaya operasional reksa dana (biaya Manager Investasi, biaya Bank Kustodian, dan biaya lain-lain).

Jadi NAV bisa dikatakan "Harga" bersih reksa dana saat ini. Harga ini dihitung ulang dan di update setiap hari kerja. Keuntungan investasi reksa dana didapat dari kenaikan NAV reksa dana tersebut.

Unit Penyertaan (UP)


Produk reksa dana dijual dalam satuan unit. Unit yang didapat dihitung dengan cara membagi total uang yang diinvestasikan dengan nilai NAV saat pembelian. Sebagai contoh, seseorang yang membeli reksa dana dengan NAV 1000/unit senilai 10 juta, maka akan mendapatkan 10.000 unit reksa dana.

Apa itu Expense Ratio



Beban Operasi (Expense Ratio) adalah perbandingan antara beban operasional pengelolaan dana investasi reksa dana dalam satu tahun dengan rata-rata nilai aset bersih dalam satu tahun.

Misalnya Manajer Investasi melakukan strategi pengelolaan aktif sehingga menimbulkan biaya transaksi yang tinggi, pemilihan broker dengan biaya yang mahal, pengenaan biaya manajemen dan kustodian yang tinggi, dan/atau biaya administrasi dan penggunaan konsultan yang tidak efisien, maka umumnya Expense ratio akan terlihat besar. Sebaliknya jika dijalankan dengan efisien maka rasio tersebut akan semakin kecil.

Perlu diperhatikan, bahwa NAB yang tertera di aplikasi Bibit sudah bersih dari biaya operasional pengelolaan dana investasi reksadana.

Kegunaan Expense Ratio


Expense ratio mengukur seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengelola reksa dana. Lebih kecil expense ratio tersebut mencerminkan kepiawaian Manajer Investasi dalam mengelola reksa dana untuk investor secara efisien.

CATATAN : Hari Kerja adalah hari diluar hari Sabtu, Minggu, hari Libur Bursa & hari Libur Nasional.

Diperbarui pada: 26/09/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!