Artikel tentang: Obligasi FR

Apa itu Yield, Kupon, dan Kupon Berjalan?

Apa bedanya Yield dan Kupon?



Obligasi FR punya kupon yang tetap. Tapi harga obligasi tidak tetap karena diperjualbelikan di pasar sekunder sehingga mengalami pergerakan harga. Saat investor membeli obligasi di harga diskon (<100), maka sebetulnya investor sebetulnya bisa mendapatkan keuntungan (yield) lebih tinggi daripada tingkat kupon, dan sebaliknya.

Yield
Yield adalah rata-rata return/keuntungan per tahun sesungguhnya yang akan kamu dapat jika memegang obligasi hingga jatuh tempo. Yield yang kamu dapat akan semakin besar apabila kamu membeli FR dengan harga per unit yang lebih murah dan akan semakin kecil ketika kamu membeli FR di harga per unit yang lebih mahal.

Kupon
Kupon adalah Imbal hasil yang dibayarkan kepada pemilik obligasi. Kupon dihitung dalam persentase terhadap jumlah pokok utang dan dalam satuan waktu satu tahun. Jadi misalkan kamu memegang obligasi sebesar 10 juta dengan kupon 6% berarti dalam satu tahun kamu akan mendapatkan 600 ribu sebelum dipotong pajak. Jika pembagian kupon setiap 6 bulan (2 kali dalam setahun), berarti setiap pembagian kupon kamu akan mendapatkan 300 ribu sebelum dipotong pajak.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang Yield dan Kupon, kamu bisa membaca artikel ini.


Bagaimana mekanisme pembagian kupon Obligasi FR?



Pembayaran kupon obligasi FR dilakukan secara berkala setiap 6 bulan sekali terhitung sejak awal produk diterbitkan (semi-annually)

Apa itu Kupon Berjalan?


Accrued interest atau kupon berjalan adalah kupon yang harus dibayar oleh pihak pembeli obligasi kepada pihak penjual apabila transaksi terjadi di antara tanggal pembayaran kupon.

Misalnya kamu membeli produk Obligasi pada 1 April 2023, sedangkan tanggal pembagian kupon adalah setiap tanggal 1 Januari dan 1 Juli. Maka saat melakukan pembelian Obligasi, selain membayar pokoknya, kamu juga perlu membayar nilai kupon berjalan dari tanggal pembayaran kupon terakhir (1 Januari 2023) hingga saat tanggal transaksi (1 April 2023) kepada pemilik obligasi sebelumnya karna kupon pada periode tersebut merupakan hak pemilik obligasi sebelumnya. Pada saat pembagian kupon selanjutnya yaitu tanggal 1 juli 2023, kamu akan mendapatkan hak penuh kupon selama 6 bulan berjalan dari 1 januari 2023 hingga 1 juli 2023.

Sebaliknya, jika pada tanggal tersebut kamu melakukan penjualan produk Obligasi, selain mendapatkan nilai hasil penjualan berdasarkan harga pasar yang berlaku, kamu juga akan mendapatkan nilai kupon berjalan atas bunga dari tanggal pembayaran kupon terakhir (1 Januari 2023) hingga saat tanggal transaksi (1 April 2023).

Kenapa saya harus membayar kupon berjalan?



Supaya lebih jelas, berikut adalah simulasi kupon berjalan:


Misal, Obligasi FR0086 membagikan kupon 2 kali dalam setahun, setiap 15 April dan 15 Oktober. Kamu membeli obligasi FR0086 di tanggal 15 Mei.
Kupon dari tanggal 15 April sampai 15 Mei ini kan sebenarnya adalah hak pemilik investor sebelumnya. Jadi, kamu sebagai pemilik baru harus membayarnya ke pemilik FR0086 sebelumnya.

Baru nanti di tanggal 15 Oktober, kamu akan menerima kupon selama 6 bulan full ke RDN Wallet kamu. Jadi, pembayaran kupon berjalan bukan merupakan kerugian ya.

Diperbarui pada: 04/08/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!