Artikel tentang: Obligasi FR

Perbedaan Obligasi FR, SBN, & Reksa Dana Obligasi

Apa perbedaan Obligasi FR dan SBN?

SBN Retail dan Obligasi FR sama-sama obligasi negara yang dijamin oleh pemerintah dan memberikan passive income yang pasti. Perbedaan yang mendasar dari keduanya adalah mekanisme pasar-nya.

Kupon
Jika dilihat dari segi kupon, terdapat 2 jenis kupon di antara semua obligasi FR dengan SBN Ritel, yakni kupon tetap (fixed rate) dan kupon mengambang dengan batas minimum (floating with floor). Obligasi yang menerapkan kupon tetap adalah obligasi FR, ORI, dan SR, sedangkan SBR dan ST menerapkan kupon mengambang dengan batas minimum.

Waktu Pembayaran Kupon
Perbedaan antara obligasi fixed rate dengan SBN Ritel juga terlihat dari waktu pembayaran kuponnya. Obligasi FR dibayarkan setiap 6 bulan sekali, sedangkan obligasi yang merupakan produk SBN ritel dilakukan pembayaran kuponnya setiap bulan. Besaran kupon sendiri berbeda-beda sesuai dengan kode obligasi yang dimiliki.

Jangka Waktu Atau Tenor
Jangka waktu hingga jatuh tempo atau tenor obligasi juga menjadi pembeda antara obligasi FR dengan produk-produk SBN Ritel. Untuk obligasi FR, jangka waktunya biasanya lebih panjang, misalnya belasan hingga puluhan tahun. Sementara itu, SBN Ritel tenornya berkisar antara 2-5 tahun.

Potensi Jual Beli
Obligasi FR memiliki persamaan dengan ORI dan SR, yakni bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Sedangkan SBR dan ST tidak bisa diperjualbelikan, namun ada early redemption hingga 50 persen alias bisa dicairkan lebih awal. Hal ini juga yang membuat obligasi FR, ORI, dan SR memiliki potensi capital gain, sedangkan SBR dan ST tidak memilikinya.

Jumlah Pembelian
Terkait dengan jumlah pembelian, minimal pembelian untuk ORI, SR, SBR, dan ST adalah sama-sama 1 juta rupiah atau kelipatannya. Sedangkan untuk maksimal pembelian adalah senilai 5 miliar rupiah untuk ORI, 5-10 miliar rupiah untuk SR dan SBR, dan 2 miliar rupiah untuk ST. Lalu, untuk obligasi FR, jumlah minimum investasi adalah 1 juta rupiah.

Apa perbedaan Obligasi FR dan Reksa Dana Obligasi?

Perbedaan utama adalah passive income. Membeli Obligasi FR sendiri kamu akan mendapat cashflow kupon yang tetap tiap 6 bulan yang langsung ditransfer ke rekening kamu. Sedangkan di RDO kupon akan menambah NAV yang akan terlihat di capital gain. NAV pada RDO ini juga berfluktuasi sesuai dengan kondisi pasar.

Obligasi FRReksa Dana Obligasi
Diterbitkan oleh pemerintahDikelola oleh Manajer Investasi
Tidak perlu membayar management feeAdanya Expense Ratio
Mendapatkan Capital Gain & KuponMendapatkan Capital Gain & Dividen

Diperbarui pada: 31/08/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!