Artikel tentang: Systematic Investment Plan (SIP)

Systematic Investment Plan (SIP) Saham di Bibit

SIP Saham adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk secara teratur berinvestasi dalam saham secara otomatis. Dalam aplikasi Bibit, kamu dapat mengatur SIP Saham dengan lot atau nominal, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan investasi kamu.

Bagaimana cara membeli saham rutin secara otomatis dengan pengaturan dari fitur SIP di aplikasi Bibit?


Pastikan akun kamu sudah ter-upgrade menjadi Bibit Plus dan memiliki saldo RDN yang cukup
Dari beberapa entry point yang tersedia, salah satunya kamu bisa membeli saham rutin secara otomatis pada halaman SIP dengan klik Tab Saham.


Pilih saham yang ingin kamu beli secara rutin di bagian Produk Investasi. Perlu kamu ketahui bahwa kamu hanya bisa memilih saham reguler saja (Right, Warran, ETF, dll tidak dapat diatur sebagai pembelian SIP)
Kamu bisa memasukkan pembelian dengan Lot atau Nominal, dimana sistem Bibit akan memberikan estimasi Lot yang akan kamu dapatkan atau Nominal yang harus kamu bayar pada hari pendebetan SIP
Atur frekuensi SIP sesuai keinginan kamu. Perlu kamu ketahui bahwa jadwal SIP Saham yang kamu atur tidak boleh sama dengan jadwal SIP Saham lain yang sudah kamu miliki (Produk, frekuensi tidak boleh sama)
Metode pembayaran pada SIP Saham hanya dapat menggunakan RDN Wallet


Konfirmasi jadwal SIP Saham yang telah kamu buat dengan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku


Masukkan PIN Bibit kamu dan kamu berhasil mengatur SIP Saham yang kamu inginkan


SIP Saham akan diproses menggunakan tipe Limit Order pada hari H pendebetan SIP

Bagaimana cara melakukan pembayaran beli saham secara rutin (SIP) pada hari H pendebetan?


Pada hari H pendebetan SIP Saham, sistem Bibit akan otomatis melakukan pemotongan saldo RDN Wallet kamu. Maka kamu perlu memastikan saldo kamu cukup agar SIP Saham kamu berhasil diproses.

Apakah saya bisa melakukan amend/cancel order pada hari pendebetan SIP Saham?


Tentu saja, kamu dapat melakukan amend atau cancel order pada SIP Saham kamu selama jam bursa masih buka dan status order masih dalam keadaan partial match atau open.

Apakah saya bisa berhenti melakukan pembelian rutin dari SIP Saham?


Tentu saja, kamu bisa berhenti kapanpun kamu mau dengan pergi ke halaman SIP → klik titik 3 pada jadwal SIP Saham yang kamu ingin berhenti → pilih Berhenti



Bagaimana jika saldo RDN Wallet saya tidak cukup di hari pendebetan?


Pembelian SIP kamu akan gagal dan Bibit akan mengirimkan notifikasi terkait gagalnya pendebetan tersebut. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan pembelian ulang.





Bila pembelian rutin dari SIP Saham saya gagal di debet, apakah akan dicoba lagi di hari berikutnya?


Tidak, sistem Bibit tidak akan melakukan pendebetan ulang di hari berikutnya. Namun, sistem Bibit akan melakukan pendebetan di jadwal SIP Saham selanjutnya.

Berapa minimal beli saham untuk SIP Saham?


Kamu bisa membeli saham secara rutin menggunakan fitur SIP Saham dengan minimum pembelian sebanyak 1 lot atau kamu bisa memasukkan nominal pembelian dengan minimum harga 2 lot saham di bursa efek pada hari tersebut.

Apakah saya akan dikenakan biaya transaksi SIP Saham?


Tidak ada biaya transaksi tambahan untuk SIP Saham, namun kamu akan tetap dikenakan broker fee sebagaimana transaksi saham pada umumnya.

Saham apa yang bagus untuk dijadikan SIP?


Kamu dapat memilih saham dari playlist bertanda SIP yang telah disediakan Bibit.



Kapan saja transaksi SIP Saham dapat dilakukan?


Bibit menyediakan pilihan frekuensi pendebetan SIP Saham secara harian, mingguan, 2 minggu, dan bulanan (kecuali hari libur bursa).

Apakah Saya bisa Menjadwalkan Investasi Otomatis dengan Fitur SIP Saham jika Saya Pengguna RDN Jago Syariah?


Ya, kamu tetap bisa menjadwalkan investasi otomatis dengan fitur Systematic Investment Plan (SIP) Saham. Namun ada beberapa kondisi yang perlu kamu ketahui:
Saat kamu melakukan upgrade ke Bibit Plus menggunakan RDN Jago Syariah, akun Bibit kamu akan otomatis mengaktifkan preferensi Bibit Syariah
Kamu hanya dapat memilih saham-saham syariah untuk dijadwalkan SIP
Apabila produk saham yang telah kamu jadwalkan secara otomatis dengan fitur SIP ternyata keluar dari ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia), kamu akan menerima notifikasi terkait hal tersebut dan sistem Bibit akan menonaktifkan fitur SIP kamu. Kamu bisa mengganti produk tersebut dengan produk saham syariah yang lain agar konsistensi investasi kamu tidak menurun. Selain itu kamu juga akan melihat banner pada gambar di beberapa halaman seperti:
Halaman portofolio Bibit Saham
Halaman detail portofolio
Halaman detail saham, jika kamu sudah memiliki produk tersebut di portofolio kamu

Diperbarui pada: 15/08/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!