Artikel tentang: Transaksi Pembelian

Cara Membuat Jadwal Flexible Systematic Investment Plan (Flexible SIP) di Aplikasi Bibit

Apa itu Flexible Systematic Investment Plan (Flexible SIP)?


Fitur Flexible Systematic Investment Plan (Flexible SIP) memungkinkan kamu melakukan investasi produk Reksa Dana secara rutin di Bibit dengan produk, nominal dan frekuensi yang dapat diatur sesuai dengan preferensi kamu.

Dengan Flexible SIP, kamu dapat membuat jadwal pembelian produk Reksa Dana rutin secara bulanan atau mingguan menggunakan metode pembayaran Non-Autodebit. Menariknya, fitur Flexible SIP memungkinkan kamu untuk mengubah jadwal SIP (Portfolio Tujuan, Nominal Investasi, Produk atau Metode Pembayaran) pada hari H pembayaran sebelum kamu melakukan pembayaran SIP.

Note: Jika kamu melakukan perubahan pada jadwal SIP di hari H pembayaran, sistem Bibit hanya akan mengeksekusi order sesuai perubahan yang telah kamu buat di hari tersebut saja. Untuk pembayaran selanjutnya, sistem Bibit akan menagihkan pembayaran SIP seperti semula (Portfolio Tujuan, Nominal Investasi, Produk atau Metode Pembayaran sama seperti yang sudah diatur di jadwal SIP).

Selain membuat jadwal SIP (Systematic Investment Plan) menggunakan metode pembayaran Non-Autodebit, Bibit juga menyediakan metode pembayaran Autodebit. Untuk penjelasan lebih detail, silakan merujuk pada artikel berikut ini:
Cara Menjadwalkan Pembelian Reksa Dana Secara Rutin dengan Fitur Autodebit Systematic Investment Plan (Autodebit SIP) di Aplikasi Bibit

Cara Membuat Jadwal Flexible SIP (Systematic Investment Plan) di Aplikasi Bibit


Klik SIP di halaman Home


Kamu juga dapat membuat jadwal Flexible SIP dari beberapa menu berikut:

Form Pendek di halaman home


Menu Systematic Investment Plan di halaman profil


Kamu dapat membuat jadwal Flexible SIP dengan mengisi formulir yang tersedia, kemudian klik tombol Mulai SIP
Note: Jika kamu telah memiliki jadwal SIP, kamu juga bisa klik tombol Tambah untuk membuat jadwal SIP baru.



Pilih metode Flexible SIP


Pilih Portofolio Tujuan, Produk Reksa Dana dan masukkan Nilai Investasi yang diinginkan. Lalu klik tombol Lanjut


Pada form selanjutnya, tentukan Frekuensi, Tanggal Order dan Periode Jadwal Flexible SIP kamu. Jika sudah, klik tombol Pilih Metode Pembayaran
Note: Kamu bisa memilih frekuensi jadwal Flexible SIP secara Bulanan atau Mingguan.



Pilih salah satu metode pembayaran Non-Autodebit yang tersedia. Lalu, klik tombol Pilih


Cek kembali jadwal Flexible SIP kamu. Jika sudah sesuai, klik pada Pernyataan Persetujuan untuk menyetujui lalu klik tombol Konfirmasi



Jadwal Flexible SIP kamu berhasil di-set.
Kamu dapat mengaktifkan notifikasi agar kamu menerima reminder jadwal Flexible SIP dari Bibit via Push Notification, sehingga jadwal menabung kamu tidak terlewat.




Cara Melakukan Pembayaran Jadwal Investasi Pakai Flexible SIP pada Hari H Pembayaran


Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembayaran order pembelian Reksa Dana pada Flexible SIP:
Pada saat jadwal Flexible SIP kamu tiba (Hari H), Bibit akan menampilkan rincian pembelian Flexible SIP ketika kamu membuka Aplikasi Bibit.


Selain itu, Bibit juga akan mengirimkan pemberitahuan via Push Notification & Email. Kamu juga dapat mengakses rincian pembelian Flexible SIP dengan cara:
Klik tombol Bayar Sekarang pada email yang telah dikirimkan Bibit, atau
Klik pada Push Notification yang kamu terima (pastikan kamu telah mengaktifkan notifikasi)


Kamu juga dapat mengakses rincian pembelian Flexible SIP melalui halaman utama SIP (Systematic Investment Plan) & klik Bayar pada jadwal hari ini.



Klik Bayar untuk melakukan pembayaran atas order Reksa Dana di jadwal Flexible SIP kamu. Namun jika kamu ingin mengubah jadwal Flexible SIP kamu sebelum melakukan pembayaran, klik tombol Edit dan ubahlah jadwal Flexible SIP kamu.


Khusus untuk jadwal Flexible SIP yang berada di Portofolio Robo, Bibit akan menampilkan konfirmasi atas penyesuaian robo yang terjadi dengan jadwal Flexible SIP kamu. Klik pada pernyataan persetujuan untuk menyetujui, lalu klik Bayar untuk melakukan pembayaran.


Setelah tombol Bayar di klik, maka Bibit akan membuatkan order pembelian Reksa Dana sesuai jadwal Flexible SIP kamu. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai petunjuk yang tertera di halaman Order Detail.

Order akan hangus jika kamu tidak melakukan pembayaran dalam waktu 24 Jam sejak order terbuat (klik tombol Bayar).

Diperbarui pada: 22/04/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!