Dollar Cost Averaging
Banyak investor mencari semacam "Rahasia" atau "Tips Jitu" yang akan menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Namun pada kenyataannya, sebagian besar investor tidak akan menemukan solusi ajaib tersebut.

Beli di harga rendah, jual di harga tinggi? Tidak semudah itu. Mencoba menentukan timing yang tepat untuk membeli sebuah instrumen investasi membutuhkan pengetahuan yang mendalam dalam membaca tren pasar dan ekonomi. Hanya 5% atau 1 dari 20 Manajer Investasi profesional yang mencoba membeli atau menjual di "Waktu yang tepat" berhasil mengalahkan benchmark mereka.

Dollar Cost Averaging, sebuah metode sederhana dengan cara menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap minggu, bulan, kuartal, atau interval pilihan kamu. Dollar Cost Averaging dimaksudkan untuk mencegah investor melakukan investasi berlebih pada "waktu yang salah" di reksa dana pilihan mereka. Mengingat bahwa menentukan waktu yang tepat untuk membeli sebuah instrumen investasi dianggap hampir mustahil (kecuali faktor beruntung).


Ilustrasi Dollar Cost Averaging

Jika kamu ingin meningkatkan peluang untuk sukses dalam berinvestasi, kamu lebih baik memulainya dengan cara berinvestasi secara konsisten, tidak perlu dalam jumlah yang banyak sekaligus, kamu bisa memulainya dengan uang 100 ribu kamu. Gagasan di balik Dollar Cost Averaging adalah bahwa kamu membeli dalam jumlah uang yang tetap di reksa dana pilihan kamu pada jadwal reguler, tidak peduli harga (NAB) reksa dana pada saat itu. Hal ini akan membuat kamu mengambil keputusan investasi lebih rasional dan terhindar dari keputusan investasi yang emosional.

Dollar Cost Averaging akan bekerja dengan baik ketika kamu konsisten. Kamu perlu berinvestasi secara teratur untuk jangka waktu yang cukup lama, bahkan sampai bertahun-tahun, ya benar. Tidak perlu buru-buru menjadi kaya, karena berinvestasi memang butuh waktu untuk menunjukkan hasil. Keputusan investasi kecil yang kamu lakukan sekarang bisa memiliki dampak besar manakala dilakukan dari waktu ke waktu. Inilah cara kerja Bibit, Bibit membangun portofolio yang optimal, murah dan canggih, serta menggunakan metode yang telah teruji waktu. Kami tidak mencoba memilih reksadana yang untung tinggi dalam waktu singkat, kami beroperasi berdasarkan pemahaman bahwa pasar reksa dana bergerak dalam jangka panjang. Orang-orang yang percaya bahwa mereka tahu timing yang tepat untuk membeli sebuah instrumen investasi secara konsisten dikalahkan oleh orang yang mengakui bahwa tidak ada timing yang tepat ketika berbicara investasi. Karena dua teman investasi terbaik kamu adalah waktu dan perencanaan yang baik. Bibit bisa membantu kamu keduanya.
Was this article helpful?
Cancel
Thank you!