Artikel tentang: Bibit Saham

Apa itu Saham?

Apa itu saham?



Saham (stock) merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular. Saham adalah surat yang menjadi bukti seseorang memiliki bagian modal suatu perusahaan. Dengan berinvestasi di saham, seseorang yang memiliki saham memiliki hak atas sebagian aset perusahan.

Wujud saham adalah selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan menyatakan bahwa pemilik kertas yang namanya tercantum dalam surat tersebut adalah pemilik perusahaan sesuai dengan porsi berapa persen atau berapa banyak penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut sehat, maka saham akan punya nilai jual yang tinggi karena bisa menghasilkan laba yang besar. Di sinilah daya tarik investasi dalam bentuk saham, baik dalam porsi kepemilikan kecil atau anda memang pendiri sekaligus pemegang saham tertinggi dalam perusahaan tersebut.

Apa perbedaan berinvestasi saham dan berinvestasi di Reksa Dana Saham?



Perbedaan utama antara instrumen investasi saham dan reksadana saham terletak pada pihak yang mengambil keputusan investasi.
Pada investasi saham, keputusan untuk membeli dan menjual saham diputuskan secara mandiri oleh investor itu sendiri. Sedangkan pada reksadana saham, keputusan tersebut berada di tangan Manajer Investasi selaku pihak yang menerbitkan dan mengelola reksadana.
Berinvestasi di saham langsung mengharuskan kamu untuk melakukan analisa dan jual beli saham sendiri. Sebaliknya, pada reksadana saham, semua proses analisa dan eksekusi perdagangan saham dilakukan oleh Manajer Investasi.

Sumber : 5 Perbedaan Saham dan Reksadana Saham — Stockbit Snips | Berita Saham

Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari saham?


Secara umum investor bisa mendapatkan keuntungan dari Capital Gain yaitu adanya kenaikan harga saham yang dimiliki, dan Dividen, pembagian laba oleh perusahaan kepada pemegang saham.

Berapa minimum dana untuk investasi saham?



Tidak ada minimum dana deposit untuk memulai investasi di Stockbit. Sementara untuk transaksi pembelian saham, minimal pembelian ialah sebanyak 1 lot dengan nominal harga bergantung pada harga saham yang ingin dibeli.

1 lot = 100 lembar saham
Contoh: Jika kamu ingin membeli saham A dengan harga Rp. 100 Per lembar sebanyak 1 Lot, maka kamu membutuhkan dana sebesar Rp.10.000 yang mana nilai tersebut didapat dari Rp. 100 x 100 lembar.

Berapa minimum dana untuk investasi di Stockbit? | Stockbit

Apakah risiko berinvestasi di saham?



Salah satu risiko investasi saham adalah capital loss, yang merupakan kebalikan dari capital gain, yaitu suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli.

Selengkapnya di 7 Risiko Investasi Saham Yang Wajib Kamu Pahami — Stockbit Snips | Berita Saham

Diperbarui pada: 15/09/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!