Apa itu AKSes KSEI?
AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) agar investor dapat secara langsung memantau portofolio investasinya di pasar modal Indonesia. Ini sebagai upaya meningkatkan transparansi informasi dan perlindungan investor.

Melalui fasilitas AKSes, kamu dapat melihat laporan kepemilikan reksadana (account statement) dari Bank Kustodian (BK). Data portofolio investasi kamu di pasar modal Indonesia lebih aman, karena tersimpan juga di KSEI.

Setelah verifikasi pendaftaran akun reksa dana di Bibit selesai, maka kamu akan memperoleh email dari AKSes KSEI berisi informasi SID (Single Investor Identification). SID bisa dikatakan nomor identitas kamu di pasar modal Indonesia.

Cara Registrasi AKSes KSEI


Buka https://akses.ksei.co.id/register, lalu klik Individu Lokal.


Isi sesuai dengan data kamu yang terdaftar di Bibit.


Pastikan data kamu sudah sesuai dengan yang kamu daftarkan di Bibit, lalu klik Aktivasi.


Buka email kamu, lalu klik Link Aktivasi.


Atur Password/Kata Sandi, lalu klik Aktifkan Akun Saya.

Cara Cek Laporan Mutasi dan Laporan Bulanan Reksadana via AKSes KSEI
Berdasarkan SE OJK No 1/SEOJK.4/2020, Bukti Konfirmasi Transaksi dan Laporan Bulanan Reksadana yang biasanya dikirimkan secara berkala oleh Bank Kustodian akan diupdate secara elektronik di Akses.ksei.co.id. Jadi, mulai 17 Februari 2021 Bank Kustodian tidak lagi mengirimkannya melalui email atau surat cetak kepada kamu.

Panduan selengkapnya bisa cek di artikel ini ya.
Was this article helpful?
Cancel
Thank you!