Apa itu Auto Rebalancing?

Portofolio reksa dana kamu secara otomatis akan diseimbangkan kembali seiring bertambahnya usia, perubahan profil risiko dan perubahan kondisi pasar yang bergerak sedemikian rupa sehingga alokasi aset kamu menjadi tidak ideal dan melenceng dari alokasi portofolio optimal.

Bagaimana Bibit Melakukan Rebalancing Portfolio Kamu?

Ketika melakukan Pembelian Reksadana

Jika sebelumnya kamu telah membeli reksadana rekomendasi Robo, namun Alokasi portofolio kamu saat ini berbeda dengan target alokasi optimal kamu. Maka, ketika kamu melakukan pembelian, secara otomatis Robo akan membantu melakukan auto-rebalancing supaya lebih mendekati portofolio optimal.



Sebagai Contoh seperti gambar di atas. Alokasi optimal untuk reksadana pasar uang adalah 11%, namun saat ini porsinya mencapai 21%. Di satu sisi alokasi untuk reksadana saham targetnya adalah 65%, namun sekarang porsinya hanya 48%.




Lalu kamu membeli reksadana rekomendasi Robo sebesar 500.000 misalnya.



Maka Robo akan secara otomatis membelikan reksadana yang porsinya di bawah target optimal, dalam hal ini adalah reksadana Avrist IDX30, untuk mempertahankan portofolio yang Optimal.

Ketika Melakukan Penjualan Reksadana

Ketika kamu melakukan penjualan reksadana rekomendasi Robo, kamu cukup memasukkan nominal yang ingin kamu jual. Robo akan otomatis menentukan berapa unit di masing-masing reksadana yang sebaiknya dijual supaya portofolio kamu tetap optimal atau mendekati optimal.



Sebagai Contoh seperti gambar di atas. Alokasi optimal untuk reksadana pasar uang adalah 11%, namun saat ini porsinya mencapai 21%. Di satu sisi alokasi untuk reksadana saham targetnya adalah 65%, namun sekarang porsinya hanya 48%.



Lalu kamu ingin menjual reksadana senilai 100.000.



Maka, Bibit akan memilihkan reksadana apa yang sebaiknya dijual agar portofolio tetap optimal. Dalam hal ini adalah Pinnacle Money Market Fund harus dijual supaya alokasi portofolio tetap optimal atau setidaknya mendekati optimal.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, Bibit tidak akan melakukan pembelian atau penjualan secara otomatis terhadap reksadana di portofolio investor, akan tetapi Bibit sekedar memberikan notifikasi tentang bagaimana komposisi portofolio yang ideal (optimal) sesuai profil risiko. Eksekusi pembelian maupun penjualan tetap ditangan Investor.
Was this article helpful?
Cancel
Thank you!