Artikel tentang: Robo Advisor

Proses Auto Rebalancing Portofolio Investasi di Bibit

Apa itu Auto Rebalancing?



Portofolio reksa dana kamu secara otomatis akan diseimbangkan kembali seiring bertambahnya usia, perubahan profil risiko dan perubahan kondisi pasar yang bergerak sedemikian rupa sehingga alokasi aset kamu menjadi tidak ideal dan melenceng dari alokasi portofolio optimal.

Bagaimana Bibit Melakukan Rebalancing Portofolio Kamu?



Ketika melakukan Pembelian Reksa dana


Jika sebelumnya kamu telah membeli reksa dana rekomendasi Robo, namun Alokasi portofolio kamu saat ini berbeda dengan target alokasi optimal kamu. Maka, ketika kamu melakukan pembelian, secara otomatis Robo akan membantu melakukan auto-rebalancing supaya lebih mendekati portofolio optimal.



Sebagai Contoh seperti gambar di atas. Target optimal untuk reksa dana saham adalah 37%, namun saat ini alokasinya hanya 12%. Di satu sisi, reksa dana pasar uang targetnya adalah 10%, namun alokasinya adalah 39%. Dikarenakan porsi yang belum sesuai dengan target, muncul notifikasi offtrack pada portofolio tersebut

Bagaimana agar bisa tetap on track? Kami bisa lakukan top up pada portofolio robonya dengan panduan berikut.



Klik top up pada portofolio robo kamu


Pilih produk yang ingin di top up bisa dalam bentuk reksa dana ataupun Obligasi Negara


Jika pilih produk reksa dana, kamu bisa cek produk yang ingin kamu pilih. Jika ingin diubah, kamu bisa klik kanan pada panah disamping jenis produknya. Jika sudah sesuai, kamu bisa langsung top up dengan nominal yang kamu inginkan kemudian setelah itu klik beli sekarang





Jika pembeliannya belum sesuai dengan saran robo, pembelian kamu akan mengalami penyesuaian sehingga alokasinya akan memenuhi target robo agar on track. Jika menurut kamu pembeliannya sudah sesuai, kamu bisa klik saya menyetujui dan klik bayar sekarang

Ketika Melakukan Penjualan Reksadana


Ketika kamu melakukan penjualan reksa dana rekomendasi Robo, kamu cukup memasukkan nominal yang ingin kamu jual. Robo akan otomatis menentukan berapa unit di masing-masing reksa dana yang sebaiknya dijual supaya portofolio kamu tetap optimal atau mendekati optimal.



Lalu kamu ingin menjual reksa dana senilai 100.000.

Maka, Bibit akan memilihkan reksadana apa yang sebaiknya dijual agar portofolio tetap optimal. Dalam hal ini adalah Schroder Dana Likuid harus dijual supaya alokasi portofolio tetap optimal atau setidaknya mendekati optimal.




NOTE: Bibit tidak akan melakukan pembelian atau penjualan secara otomatis terhadap reksa dana pada portofolio investor, akan tetapi Bibit memberikan notifikasi tentang Auto-Rebalancing atau kesesuaian pada komposisi portofolio yang ideal (optimal) sesuai profil risiko. Eksekusi pembelian maupun penjualan tetap ditangan Investor.

Diperbarui pada: 15/06/2023

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!