Bekerja, menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan diinvestasikan, untuk mencapai suatu tujuan keuangan. Dengan menerapkan Goal-Based Investing, Bibit membantu kamu merencanakan secara lebih matang tujuan keuangan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Bibit Darurat

Sebelum mencapai suatu tujuan keuangan, baiknya amankan dulu dana darurat sebesar 3-12 bulan pengeluaran kamu untuk kebutuhan mendesak. Sehingga apabila tiba-tiba terjadi keadaan darurat kamu tidak perlu mengeruk dana investasi yang telah kamu kumpulkan. Karena dana darurat harus selalu siap dicairkan, maka kamu perlu menempatkan dana darurat pada instrumen investasi yang likuid dan risiko rendah agar saat ingin dicairkan tidak dalam keadaan merugi. Instrumen yang tepat dengan kriteria tersebut adalah Reksadana Pasar Uang, sehingga kamu hanya dapat menempatkan Reksadana Pasar Uang di portofolio Bibit Darurat ini. Kamu juga dapat membuat lebih dari 1 portofolio Bibit Darurat apabila kamu ingin menyiapkan dana darurat untuk kerabat kamu, seperti pasangan atau orang tua.

Bibit Goals

Setelah dana darurat terkumpul, kamu akan lebih tenang dalam mengumpulkan dana untuk tujuan keuangan kamu, seperti membeli rumah/mobil, menyiapkan dana untuk pernikahan, liburan, pendidikan anak, dan sebagainya. Pada portofolio Bibit Goals, kamu dapat memilih sendiri reksadana yang kamu inginkan atau mengikuti rekomendasi Robo. Kamu juga dapat menjadikan portofolio Bibit Goals menjadi portofolio Bibit Bareng agar dapat menabung bersama teman, keluarga, atau pasangan kamu. Apabila kamu berubah pikiran tentang tujuan keuangan yang dicapai, kamu dapat merubah icon dan nama portofolio sesuai yang kamu inginkan.

Bibit Pensiun

Orang tua bukan Dana Darurat anak dan anak bukan Dana Pensiun orang tua. Untuk dapat memutus mata rantai generasi sandwich ini, kamu perlu memulai mengumpulkan dana pensiun sedini mungkin. Tentukan berapa usia pensiun yang ingin kamu targetkan untuk mengetahui berapa yang perlu kamu kumpulkan setiap bulannya untuk mencapainya. Pada portofolio Bibit Pensiun, kamu dapat memilih sendiri reksadana yang kamu inginkan atau mengikuti rekomendasi Robo. Kamu juga dapat membuat lebih dari 1 portofolio Bibit Pensiun apabila kamu ingin menyiapkan dana pensiun untuk kerabat kamu, seperti pasangan atau orang tua.

Bibit Tabungan

Kami sadar mungkin sebagian dari kamu belum menentukan tujuan keuangan secara spesifik. Atau memang menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan tak terduga. Tidak masalah. Bibit Tabungan hadir sebagai portofolio yang wajib dimiliki dan satu-satunya sehingga tidak dapat dihapus atau ditambahkan untuk kebutuhan kasual kamu. Sehingga pada portofolio ini, kamu tidak perlu menentukan jumlah yang ingin dicapai atau kapan kamu ingin mencapainya.
Apakah artikel ini berguna?
Membatalkan
Terima kasih!