Artikel tentang: Transaksi Penjualan

Kenapa Pencairan Reksa Dana Bisa Sampai 7 Hari Kerja?

Kenapa Pencairan Reksa Dana Bisa Sampai 7 Hari Kerja?



Karena ada prosedur dan proses yang harus dilalui. Dana investasi kamu tidak lagi berupa cash yang bisa diambil kapan saja, melainkan berupa aset saham, obligasi, maupun deposito yang sebelumnya sudah dibelikan oleh Manajer Investasi Reksadana.

Makanya ketika kamu menjual reksa dana, tidak langsung instan masuk ke rekening kamu, karena Manajer Investasi reksadana perlu menjual dulu saham/Obligasi/Deposito yang dibelinya dulu, dilakukan rekapitulasi berapa penjualan reksadana di hari tersebut, dicatat dan diadministrasi oleh Bank Kustodian, baru ditransfer ke rekening investor. Nah ini butuh proses dan waktu, tidak bisa langsung selesai sehari.

Namun OJK memberikan batas waktu maksimal 7 hari kerja (tidak termasuk weekend) untuk proses pencairan.

Mengapa terkadang bisa sampai 7 hari kerja?



Kita ambil contoh reksa dana saham yang mana minimum 80% dana investor akan diinvestasikan di saham. Lalu suatu ketika kamu ingin menjual reksa dana tersebut. Maka, dana tidak langsung masuk rekening ya, karena Manager Investasi perlu menjual saham di portofolionya terlebih dahulu.

Proses transaksi penjualan saham tersebut membutuhkan waktu, karena Bursa Efek Indonesia memiliki ketentuan penyelesaian transaksi (settlement) saham (T+2), artinya ketika hari ini melakukan penjualan, Manajer Investasi tersebut baru akan dapat uangnya 2 hari kerja berikutnya.

Karena itu, rata-rata penjualan reksa dana saham paling cepat adalah adalah T+3 (3 hari kerja). Apabila Bank Kustodian tidak sempat mengirimkan dana investor pada hari ke 3 setelah tanggal transaksi, Bank Kustodian akan mengirimkan dana tersebut keesokan harinya sehingga proses penjualan menjadi T+4 (4 hari kerja). Namun, proses pencairan reksa dana terkadang bisa mencapai T+7 (7 hari kerja) apabila nilai transaksi nasabah pada satu hari cukup besar.

Penjualan secara bertahap dan lebih dari satu hari tentunya akan memengaruhi waktu settlement yang kemudian membuat proses penarikan dana investor bisa lebih lama. Namun Otoritas Jasa Keuangan menetapkan waktu maksimal sampai dana hasil penjualan reksadana masuk ke rekening investor adalah T+7 (7 hari kerja).

Diperbarui pada: 19/12/2022

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!