Artikel tentang: Panduan Investor Pemula

Nabung Rutin ala Dollar Cost Averaging (DCA)

Nabung Rutin



Banyak investor mencari "rahasia" atau "tips jitu" untuk menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Pada kenyataannya sebagian besar investor tidak akan menemukan solusi ajaib tersebut.

Beli di harga rendah, jual di harga tinggi? Tidak semudah yang dibayangkan. Mencari waktu yang tepat untuk investasi dibutuhkan pengetahuan dan riset yang mendalam dalam membaca tren pasar dan kondisi ekonomi. Bukan hal yang mudah untuk pemula.

Sebenarnya, tidak ada seorangpun yang mampu menebak atau memprediksi secara akurat dan konsisten tentang pergerakan pasar modal. Bahkan, hanya 5% atau 1 dari 20 Manajer Investasi profesional yang mencoba membeli atau menjual di "waktu yang tepat" berhasil mengalahkan benchmark mereka.

Kunci sukses berinvestasi sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan bahkan untuk investor pemula. Rahasianya terletak di Konsistensi. Nabung secara rutin.


Ilustrasi Dollar Cost Averaging

Strategi nabung rutin atau Dollar Cost Averaging (DCA) adalah sebuah metode sederhana dimana kamu menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu. Strategi ini akan membantu kamu disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih dikit pada waktu harga naik. Tanpa harus peduli kondisi ekonomi. Tanpa peduli harga naik turun.

Menabung rutin bisa kamu mulai dengan uang Rp 100 ribu sekalipun. Gagasan di balik DCA adalah menabung secara konsisten tanpa peduli naik atau turunnya harga reksadana. Tanpa peduli kondisi ekonomi. DCA akan membantu kamu disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih dikit pada waktu harga naik. Hal ini akan membuat kamu mengambil keputusan investasi yang lebih mudah dan terhindar dari keputusan emosional.

Hal ini kedengerannya mudah dan ternyata memang mudah dan dianjurkan oleh guru investasi seperti Warren Buffet.

Nabung rutin secara konsisten adalah strategi yang paling tepat untuk investor pemula. Semakin lama kamu berinvestasi maka semakin besar jumlah uang yang kamu tabung dengan return yang lebih optimal.
Kamu nggak perlu buru-buru jadi kaya, karena berinvestasi memang butuh waktu untuk menunjukkan hasil bahkan sampai 10-40 tahun. Keputusan investasi yang kamu lakukan hari ini akan memiliki dampak besar jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

Kesimpulan#
Nabung rutin adalah strategi yang Bibit sarankan untuk investor pemula mulai berinvestasi. Kamu tidak perlu repot menentukan timing. Tanpa harus peduli kondisi ekonomi. Hanya perlu konsisten meningkatkan tabungan kamu setiap bulan dan biarkan the magic of compounding bekerja. Kami percaya siapapun bisa berinvestasi dengan benar tanpa perlu modal yang besar di Bibit. #BibitinAja

Nabung Rutin Secara Autodebit
Kamu bisa pakai GoPay AutoPay untuk langsung potong saldo GoPay kamu secara otomatis supaya investasi kamu jadi lebih disiplin.

Baca: Panduan Set Pembelian Rutin Bulanan Secara Autodebit (Nabung Rutin)

#YukNabungRutin

Diperbarui pada: 19/03/2021

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!