Artikel tentang: Akun

Cara Mengamankan Akun Bibit Jika Terjadi Aktivitas Mencurigakan atau Penipuan/Phishing

Keamanan akun kamu adalah prioritas utama Bibit. Jika kamu mencurigai adanya aktivitas yang tidak biasa atau sudah menjadi korban penipuan/phishing, ikuti panduan berikut sesuai kondisi yang terjadi.


1. Jika Akun Dicurigai Ada Aktivitas Mencurigakan

Contoh jika kamu menerima notifikasi login dari lokasi tidak dikenal, ada notifikasi transaksi yang tidak kamu lakukan, atau kamu menerima email/sms/telepon mencurigakan.

Langkah yang harus dilakukan:

  1. Segera ubah PIN Bibit melalui menu Settings Ubah PIN di aplikasi.
  2. Ubah password email yang terhubung ke akun Bibit.
  3. Aktifkan verifikasi 2 langkah (2FA) pada email kamu (baca: Panduan 2FA pada Gmail)
  4. Laporkan ke Bibit melalui menu Profile > Chat Support di aplikasi atau email ke support@bibit.id agar tim kami membantu memeriksa aktivitas akun.
  5. Pastikan perangkat kamu bebas malware dengan melakukan pemindaian antivirus.
  6. Jangan klik tautan atau mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal.
  7. Reset semua perangkat terhubung di akun Bibit. (baca: Logout Bibit dari semua perangkat)
  8. Reset login biometric jika sebelumnya diaktifkan.


2. Jika Sudah Menjadi Korban Penipuan/Phishing

Jika kamu terlanjur mengklik tautan palsu, membagikan data sensitif, atau sudah menginstal aplikasi mencurigakan/malware maka langkah darurat yang harus dilakukan:

  1. Hubungi Bibit secepatnya melalui menu Chat Support di aplikasi atau email support@bibit.id untuk meminta unsuspend sementara dan pemeriksaan akun.
  2. Reset semua session pada akun Bibit.
  3. Reset perangkat terhubung dan reset login biometric.
  4. Factory reset perangkat yang terkena malware/aplikasi mencurigakan untuk menghapus ancaman sepenuhnya.
  5. Buat email baru dan jangan gunakan password yang sama dengan sebelumnya.
  6. Aktifkan 2FA di email baru tersebut.
  7. Ganti email Bibit ke email baru.
  8. Ganti PIN Bibit melalui pengaturan keamanan.


Tips Pencegahan Umum:
  • Jangan pernah membagikan PIN, OTP, password, atau kode verifikasi kepada siapapun termasuk Bibit, karena pihak Bibit tidak pernah meminta PIN atau kode OTP kamu.
  • Selalu periksa alamat situs/aplikasi resmi Bibit sebelum login atau melakukan transaksi.
  • Gunakan kombinasi PIN yang tidak mudah ditebak seperti tanggal lahir, angka yang berurutan atau berulang.
  • Update aplikasi Bibit secara berkala melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Diperbarui pada: 11/08/2025

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!